حيات الدنيا حيات قليلة فلا تلغ حياة أبدية

Kamis, 19 Maret 2015

Nama-nama Setan Menurut Rasulullah

Nama Nama Setan

Menurut Rasulullah

Setan adalah hawadits sama halnya dengan manusia, keduanya sama-sama baru, dicipta oleh Allah . Namun bedanya setan dicipta dari unsur api dan manusia (Adam) dicipta dari unsur tanah, sebagaimana firman Allah:

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ ۖ قَالَ أَنَا۠ خَيْرٌ مِّنْهُ خَلَقْتَنِى مِن نَّارٍ وَخَلَقْتَهُۥ مِن طِينٍ
"Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah." (QS. Al-A'raf Ayat 12)

Setan juga punya nama sama seperti Nabi Adam dan turunannya. Banyak sekali di laman website ataupun di media sosial yang memaparkan nama-nama setan yang sebagian diambil dari hadits-hadits yang Dhoif (lemah) dan sebagian diambil dari perkataan Ulama tanpa dalil. Setan adalah perkara Ghaib, dan perkara Gahib tidaklah boleh kita percayai dan yakini kecuali yang datang dari Perkataan Allah (Al Qur’an) dan perkataan Nabi (Sunnah). Adapun perkataan manusia, seperti dukun, kita tidak boleh mempercayainya, karena Allah berfirman:

قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ
“Katakan (wahai Muhammad) tidak ada yang mengetahui perkara ghaib dilangit dan dibumi kecuali Allah.”(QS. An Naml ayat 65)

Asal mula setan-setan dari satu nenek moyang yaitu Iblis. Berkata Imam Nawawi :

إبليس كنيته أبو مرة . وقيل : إن الشياطين فيهم الذكور والإناث، فيتوالدون من ذلك، وأما ابليس فإن الله تعالى خلق له في فخذه اليمنى ذكراً وفي اليسرى فرجاً فهو ينكح هذا بهذا فيخرج له كل يوم عشر بيضات، يخرج من كل بيضة سبعون شيطاناً وشيطانة
“Iblis (Kunyah) julukannya adalah Abu Murroh, maka jika dikatakan bahwa setan-setan ada yang laki-laki dan perempuan dan beranak pinak dari seorang Iblis, adapun Iblis maka sesungguhnya Allah Ta’ala menciptakan paha kanan iblis kemaluan laki-laki dan pada pada paha kirinya kemaluan perempuan maka iblis menikah dengan ini dengan yang ini (paha kanan dengan paha kiri) maka keluar darinya (Farj / paha kiri) setan (darinya, Iblis setiap harinya sepuluh telur, dan keluar pada setiap telurnya 70 setan laki-laki dan perempuan.)
[1]

Nama lain Iblis adalah Azaazil. Bahwasannya Rasulullah bersabda:

كان إبليس اسمه عزازيل ، وكان من أشرف الملائكة من ذوي الأجنحة الأربعة ، ثم أبلس بعد
“Dahulu Iblis namanya adalah ‘azaazil, dia termaksud dari malaikat-malaikat yang paling mulia yang memiliki empat sayap, kemudian dia durhaka setelah itu.” (Diriwayatkan oleh Al Baihaqi dari Ibnu Abbas)
[2]

Berkata imam As Syuyuti didalam kitabnya:

وفيه – أي القرآن – من أسماء الجن أبوهم إبليس وكان اسمه أولا عزازيل أخرجه ابن أبي حاتم وغيره عن ابن عباس
“Didalam Al Qur’an terdapat nama-nama jin dan bapak mereka Iblis dan adapun namanya yang pertama adalah ‘Azazil di riwayatkan oleh Ibnu abu Hatim dari Ibnu Abbas."
[3]

Berkata Ibnu hajar dalam karya ilmiyahnya:

ومن أسمائه الحارث والحكم وكنيته أبو مرة
“dari nama-nama iblis adalah Harits dan Hikam dan Kunyahnya adalah Abu Murroh.”
[4]
أحب الأسماء إلى الله عبد الله وعبد الرحمن ، وأصدقها حارث وهمام ، وأقبحها حرب ومرة
Akan tetapi nama Harits untuk setan tidaklah benar karena ada hadits shahih, bahwa Rasulullah bersabda : Nama yang paling disukai oleha Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman dan nama yang paling Shadiq (jujur) adalah Harits dan Himam dan nama yang paling buruk adalah Murroh dan Harb. (HR. Bukhari dan Abu Daud)
[5]

Dan disana terdapat riwayat-riwayat lain tentang nama-nama setan dan keturunannya yang InsyaAllah riwayatnya lebih kuat diantara riwayat-riwayat tentang nama-nama setan yang lain. Diantaranya:

  1. Wiswas atau dzulwaswas . Ini adalah nama dari nama-nama setan berdasarkan pendapat Jumhur ahli tafsir dari kalangan shahabat dan tabi’in seperti Ibnu Abbas, Mujahid, Muqotil dan Qotadah ketika menafsirkan Surat an Naas, ayat 4. [من شر الوسواس‎]
  2. Azabb bin Azyab. Berdasarkan Hadits riwayat Ahmad dari ka’ab bin malik, berkata, Ketika kami berbaiat kepada Rasulullah , Setan berteriak dari puncak bukit dengan suara yang sangat jauh yang aku sama sekali belum mendengarnya…. maka Rasululllah bersabda: هذا أزب العقبة هذا ابن أزيب ، أتسمع أي عدو الله ؟ “ini adalah Azabb al’Aqobah, ini adalah ibnu Azyab, apakah engkau mendengar wahai musuh Allah?….. (HR. Ahmad)
    [6]
  3. Honzab Bahwasanya Utsman bin Abi al’Ash mendatangi Nabi , maka dia berkata, “Wahai Rasulullah sesungguhnya Setan telah menghalang antara aku dan shalatku dan bacaanku dia mengacaukannya!” Maka Rasulullah bersabda: ذَاكَ شَيْطَانٌ يُقَالُ لَهُ خَنْزَبٌ فَإِذَا أَحْسَسْتَهُ فَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْهُ وَاتْفِلْ عَلَى يَسَارِكَ ثَلَاثًا “Itu adalah setan, yang dikenal dengan “Honzab” jika engkau meresakannya maka berlindunglah kepada Allah darinya dan berludahlah kesebelah kirimu 3 kali...”
    [7]
  4. Walhan Diriwayatkan oleh Ahmad dan Turmudzi dari Ubay bin Ka’ab dari Nabi bersabda: للوضوء شيطان يقال له الولهان فاتقوه أو قال فاحذروه “Ketika berwudhu' ada setan (yang mengganggu) ia disebut dengan Walhan maka berhati-hatilah kepadanya.” Al Baihaqi meriwayatkan dari Hasan Bashri, dia berkata: شيطان الوضوء يدعى الولهان “Setan wudhu' didebut dengan Walhan” (Dan Riwayat ini shahih dari Hasan Al Bashri)
  5. Ajda' Didalam riwayat abu daud, Ibnu majah dan Ahmad, hadits dari Umar bin Khaththab , beliau berkata, “Aku mendengar Rasulullah bersabda: الأجدع شيطان Al Ajda' adalah setan
  6. Ghilan atau Ghul Diriwayatkan oleh Ahmad didalam Musnad (28/308) juga diriwayatkan oleh Abdurrazzaq, An nasa'i dan Thabrani, dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah bersabda: فَإِنَّ الْأَرْضَ تُطْوَى بِاللَّيْلِ وَإِذَا تَغَوَّلَتْ لَكُمْ الْغِيلَانُ فَنَادُوا بِالْأَذَانِ “Apabila Ghilan menakut-nakuti kalian maka serulah Adzan” Nama ini dikuatkan hadits dari Muslim didalam shahihnya (no.4119) dari Jabir, bahwasannya Rasulullah bersabda: لَا عَدْوَى وَلَا طِيَرَةَ وَلَا غُولَ “Tidak ada penyakit yang menular secara sendirian, tidak ada pengaruh atau tanda bahaya karena suara burung, dan tidak ada (Ghul) hantu.”
  7. Khubuts dan Khobaaits Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik, bahwasannya Rasulullah apa bila masuk tempat buang hajat, beliau mengucapkan doa: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ “Ya Allah Aku berilndung dari Khubuts (setan laki-laki dan Khobaaits setan perempuan)”

والله أعلم بالصواب،‏ عمران الجمبري
***
FootNote:
(1)
^ فوائد في أسماء بعض الجن والشياطين - ملتقى أهل الحديث
(2)
^ Dalam Kitab Syu’abul Iman (hal.158) dan Ibnu Abi Hatim dalam tafsirnya (Jaz 2/88)
(3)
^ Al Itqon fi ‘Ulumil Qur’an (1/399)
(4)
^ Kitab Fathul Bari (juz10/53)
(5)
^ (HR.Abu Daud/4950 dan Bukhori didalam Adab Mufrod 814 dan sanadnya shahih)
(6)
^ Musnad Ahmad, 31/432 dan menshahihkannya Al Arnaauth didalam Tahqiqnya terhadap kitab Zaadul Ma’aad.
(7)
^ Diriwayatkan dalam Shahih muslim nomor hadits: 4083

. . . . . . . . . . . . .

Back to TOP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top