حيات الدنيا حيات قليلة فلا تلغ حياة أبدية

Jumat, 02 Oktober 2015

Kumpulan Hadits Qudsi Sembilan Muhadditsin (bag 59)

Yang diriwayatkan oleh Imam Imam Ahmad (bag. 22)

Topik Hadits:


  1. Pahala keistiqamahan ibadah tetap mengalir kepada hamba yang sabar dalam sakit.
  2. Larang berbuat syirik karena sebab riya'.
  3. Mati syahid karena sakit.
  4. Syahidnya orang yang terkena penyakit tha'un.
  5. Kesunnahan shalat sunnah di awal hari.
  6. Keutamaan bangun malam dan bermunajad kepada Allah.
  7. Penghuni surga ada tiga golongan dan penghuni neraka ada lima.
  8. Anjuran untuk penegak hukum untuk tidak menakut-nakuti pesakitan dengan hukuman berat.
  9. Larangan Memutilasi.
  10. Semua makhluk dalam kekuasaan Allah.

Pahala keistiqamahan ibadah tetap mengalir kepada hamba yang sabar dalam sakit
Dalam sebuah riwayat dikatakan:

حَدَّثَنَا هَيْثَمُ بْنُ خَارِجَةَ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَيَّاشٍ عَنْ رَاشِدِ بْنِ دَاوُدَ الصَّنْعَانِيِّ عَنْ أَبِي الْأَشْعَثِ الصَّنْعَانِيِّ

أَنَّهُ رَاحَ إِلَى مَسْجِدِ دِمَشْقَ وَهَجَّرَ بِالرَّوَاحِ فَلَقِيَ شَدَّادَ بْنَ أَوْسٍ وَالصُّنَابِحِيُّ مَعَهُ فَقُلْتُ أَيْنَ تُرِيدَانِ يَرْحَمُكُمَا اللَّهُ قَالَا نُرِيدُ هَاهُنَا إِلَى أَخٍ لَنَا مَرِيضٍ نَعُودُهُ فَانْطَلَقْتُ مَعَهُمَا حَتَّى دَخَلَا عَلَى ذَلِكَ الرَّجُلِ فَقَالَا لَهُ كَيْفَ أَصْبَحْتَ قَالَ أَصْبَحْتُ بِنِعْمَةٍ فَقَالَ لَهُ شَدَّادٌ أَبْشِرْ بِكَفَّارَاتِ السَّيِّئَاتِ وَحَطِّ الْخَطَايَا فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ إِنِّي إِذَا ابْتَلَيْتُ عَبْدًا مِنْ عِبَادِي مُؤْمِنًا فَحَمِدَنِي عَلَى مَا ابْتَلَيْتُهُ فَإِنَّهُ يَقُومُ مِنْ مَضْجَعِهِ ذَلِكَ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ مِنْ الْخَطَايَا وَيَقُولُ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ أَنَا قَيَّدْتُ عَبْدِي وَابْتَلَيْتُهُ وَأَجْرُوا لَهُ كَمَا كُنْتُمْ تُجْرُونَ لَهُ وَهُوَ صَحِيحٌ

Telah menceritakan kepada kami Husyaim bin Kharijah[1] telah menceritakan kepada kami Isma'il bin 'Ayasy[2] dari Rasyid bin Daud As-Shan'ani[3] dari Abu Al Asy'ats As-Shan'ani [4]sesungguhnya dia berangkat ke Masjid Damaskus pada tengah hari dalam berjalan. lalu dia bertemu dengan Syaddad bin Aus dan As-Shunabihi [5]bersamanya, lalu saya (Syaddad bin Aus Radliyallahu'anhu) bertanya, "Kemana kalian hendak pergi, semoga Allah merahmati kalian." Mereka berdua menjawab, "Kami hendak kesini, karena saudara sakit, kami hendak menjenguknya, " saya berangkat bersama mereka berdua sampai kami bertemu dengan orang itu." Lalu mereka berdua berkata kepadanya, "Bagaimana kabarmu pagi ini?" dia menjawab, "Saya pagi ini dalam keadaan nikmat." Lalu Syadad berkata kepadanya, "Berilah kabar gembira dengan pelebur kejelekkan dan penghapus kesalahan. Sesungguhnya saya mendengar Rasulullah bersabda: 'Allah berfirman, Aku jika menguji seorang hamba dari hamba-Ku yang beriman, lalu dia memuji-Ku atas apa yang Aku timpakan kepadanya, sesungguhnya dia bangun dari tempat tidurnya sebagaimana dia saat dari ibunya, dari kesalahan." Rabb berfirman, "Aku telah menahan hamba-Ku (dari amal shalih), maka berilah dia ganjaran sebagaimana kalian memberinya ganjaran dikala dia sehat." (AHMAD - 16496)

Hadits Penguat: Tidak ditemukan


Larang berbuat syirik karena sebab riya'
Dalam sebuah riwayat dikatakan:

حَدَّثَنَا أَبُو النَّضْرِ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْحَمِيدِ يَعْنِي ابْنَ بَهْرَامَ قَالَ قَالَ شَهْرُ بْنُ حَوْشَبٍ قَالَ ابْنُ غَنْمٍ لَمَّا دَخَلْنَا مَسْجِدَ الْجَابِيَةِ أَنَا وَأَبُو الدَّرْدَاءِ لَقِينَا عُبَادَةَ بْنَ الصَّامِتِ فَأَخَذَ يَمِينِي بِشِمَالِهِ وَشِمَالَ أَبِي الدَّرْدَاءِ بِيَمِينِهِ فَخَرَجَ يَمْشِي بَيْنَنَا وَنَحْنُ نَنْتَجِي وَاللَّهُ أَعْلَمُ فِيمَا نَتَنَاجَى وَذَاكَ قَوْلُهُ فَقَالَ عُبَادَةُ بْنُ الصَّامِتِ لَئِنْ طَالَ بِكُمَا عُمْرُ أَحَدِكُمَا أَوْ كِلَاكُمَا لَيُوشِكَنَّ أَنْ تَرَيَا الرَّجُلَ مِنْ ثَبَجِ الْمُسْلِمِينَ يَعْنِي مِنْ وَسَطٍ قَرَأَ الْقُرْآنَ عَلَى لِسَانِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَعَادَهُ وَأَبْدَاهُ وَأَحَلَّ حَلَالَهُ وَحَرَّمَ حَرَامَهُ وَنَزَلَ عِنْدَ مَنَازِلِهِ أَوْ قَرَأَهُ عَلَى لِسَانِ أَخِيهِ قِرَاءَةً عَلَى لِسَانِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَعَادَهُ وَأَبْدَاهُ وَأَحَلَّ حَلَالَهُ وَحَرَّمَ حَرَامَهُ وَنَزَلَ عِنْدَ مَنَازِلِهِ لَا يَحُورُ فِيكُمْ إِلَّا كَمَا يَحُورُ رَأْسُ الْحِمَارِ الْمَيِّتِ قَالَ فَبَيْنَا نَحْنُ كَذَلِكَ إِذْ طَلَعَ شَدَّادُ بْنُ أَوْسٍ وعَوْفُ بْنُ مَالِكٍ فَجَلَسَا إِلَيْنَا فَقَالَ شَدَّادٌ إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمْ أَيُّهَا النَّاسُ لَمَا سَمِعْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مِنْ الشَّهْوَةِ الْخَفِيَّةِ وَالشِّرْكِ فَقَالَ عُبَادَةُ بْنُ الصَّامِتِ وَأَبُو الدَّرْدَاءِ اللَّهُمَّ غَفْرًا أَوَلَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ حَدَّثَنَا أَنَّ الشَّيْطَانَ قَدْ يَئِسَ أَنْ يُعْبَدَ فِي جَزِيرَةِ الْعَرَبِ فَأَمَّا الشَّهْوَةُ الْخَفِيَّةُ فَقَدْ عَرَفْنَاهَا هِيَ شَهَوَاتُ الدُّنْيَا مِنْ نِسَائِهَا وَشَهَوَاتِهَا فَمَا هَذَا الشِّرْكُ الَّذِي تُخَوِّفُنَا بِهِ يَا شَدَّادُ فَقَالَ شَدَّادٌ أَرَأَيْتُكُمْ لَوْ رَأَيْتُمْ رَجُلًا يُصَلِّي لِرَجُلٍ أَوْ يَصُومُ لَهُ أَوْ يَتَصَدَّقُ لَهُ أَتَرَوْنَ أَنَّهُ قَدْ أَشْرَكَ قَالُوا نَعَمْ وَاللَّهِ إِنَّهُ مَنْ صَلَّى لِرَجُلٍ أَوْ صَامَ لَهُ أَوْ تَصَدَّقَ لَهُ لَقَدْ أَشْرَكَ فَقَالَ شَدَّادٌ فَإِنِّي قَدْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ صَلَّى يُرَائِي فَقَدْ أَشْرَكَ وَمَنْ صَامَ يُرَائِي فَقَدْ أَشْرَكَ وَمَنْ تَصَدَّقَ يُرَائِي فَقَدْ أَشْرَكَ فَقَالَ عَوْفُ بْنُ مَالِكٍ عِنْدَ ذَلِكَ أَفَلَا يَعْمِدُ إِلَى مَا ابْتُغِيَ فِيهِ وَجْهُهُ مِنْ ذَلِكَ الْعَمَلِ كُلِّهِ فَيَقْبَلَ مَا خَلَصَ لَهُ وَيَدَعَ مَا يُشْرَكُ بِهِ فَقَالَ شَدَّادٌ عِنْدَ ذَلِكَ فَإِنِّي قَدْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ أَنَا خَيْرُ قَسِيمٍ لِمَنْ أَشْرَكَ بِي مَنْ أَشْرَكَ بِي شَيْئًا فَإِنَّ حَشْدَهُ عَمَلَهُ قَلِيلَهُ وَكَثِيرَهُ لِشَرِيكِهِ الَّذِي أَشْرَكَ بِهِ وَأَنَا عَنْهُ غَنِيٌّ

Telah menceritakan kepada kami Abu Nadlr[6] berkata; telah menceritakan kepada kami Abdul Hamid[7] yaitu Ibnu Bahram berkata; Syahr bin Hausyab[8] berkata; Ibnu Ghanmi[9] berkata; "Tatkala kami masuk di masjid Al Jabiyah, saya bersama dengan Abu Darda' bertemu 'Ubadah bin Shamit, lalu dia menggandeng tangan kananku dengan tangan kirinya dan tangan kiri Abu Darda dengan tangan kanannya, lalu dia keluar dengan berjalan. Tatkala kami sedang berbisik, demi Allah yang Maha tahu apa yang kami bisikkan, dan itu adalah perkataanya. Lalu 'Ubadah berkata; "Jika umur salah seorang dari kalian atau kalian berdua panjang, kalian akan melihat seorang laki-laki dari tengah-tengah kamu muslimin, " makna tsabaj yaitu tengahnya, yang dia membaca Al qur'an dengan lidah Muhammad , lalu dia mengulang-ulanginya dan menampakkannya, dia akan menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram. Lalu dia akan singgah di tempat istirahatnya atau dia akan membaca dengan lidah saudaranya, dengan bacaan sebagaimana bacaan Muhammad , lalu dia mengulang-ulanginya dan menampakkanya, dia menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram. Lalu dia akan singgah di tempat istirahatnya. (laki-laki itu) tidak akan kembali dengan kebaikan pada kalian kecuali sebagaimana kembalinya kepala keledai yang telah mati. ('Ubadah bin Shamit Radliyallahu'anhu) berkata; "Tatkala kami sedang dalam keadaan seperti itu, datanglah Syaddad bin Aus dan Auf bin Malik, lalu mereka berdua duduk bersama kami." lalu Syaddad[5] berkata; "Sesungguhnya yang paling saya takutkan atas kalian wahai manusia, tatkala saya mendengar Rasulullah bersabda tentang syahwat yang tersembunyi dan syirik. Lalu 'Ubadah bin Shamit berkata; dan Abu Darda berkata; "Ya. Allah, Ampunilah. Bukanlah Rasulullah telah menceritakan kepada kami, sesungguhnya setan telah berputus asa dari harapan untuk disembah di Jazirah Arab. Syahwat yang tersembunyi, kami telah mengetahuinya, yaitu syahwat dunia berupa wanita dan kesenangan lainnya. Apa maksud syirik itu, yang sangat kamu takutkan kepada kami, Wahai Syaddad?." Syaddad berkata; "Tidaklah kalian melihat, jika kalian melihat seorang laki-laki yang shalat karena orang yang lain, atau berpuasa karenanya atau bersedekah karenanya, bukankah kalian melihatnya telah berbuat syirik?" Mereka berkata; "Ya, demi Allah, barangsiapa yang shalat atau puasa karena seseorang atau bersedekah karenanya maka dia telah berbuat syirik". Lalu Syaddad berkata; "Sesungguhnya saya mendengar Rasulullah bersabda: "Barangsiapa yang shalat karena riyak, maka dia telah berbuat syirik. Barangsiapa yang berpuasa karena riyak, maka dia telah berbuat syirik. Barangsiapa yang bersedekah karena riyak, maka dia telah berbuat syirik. Lalu Auf bin Malik ketika itu berkata; "Tidak sebaiknyakah dia jadikan amal itu untuk mencari wajah-Nya semata, sehingga ia lakukan apa yang ia ikhlaskan untuk-Nya dan meninggalkan segala hal yang ia mempersekutukan-Nya?, " Syaddad ketika itu berkata; "Sesungguhnya saya mendengar Rasulullah bersabda: 'Allah berfirman, Aku adalah sebaik-baik musuh bagi siapa yang berbuat syirik kepada-Ku. Barangsiapa yang berbuat syirik kepada-Ku dengan sesuatu, sesungguhnya segala hal yang dia kumpulkan, amalannya, banyak dan sedikitnya untuk sekutunya yang dijadikannya persekutuan dan Aku tidak butuh terhadapnya. (AHMAD - 16517)

Hadits Penguat: Tidak ditemukan


Mati syahid karena sakit
Dalam sebuah riwayat dikatakan:

حَدَّثَنَا حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ يَعْنِي ابْنَ يَزِيدَ الْحَضْرَمِيَّ وَيَزِيدُ بْنُ عَبْدِ رَبِّهِ قَالَا حَدَّثَنَا بَقِيَّةُ قَالَ حَدَّثَنِي بَحِيرُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ عَنِ ابْنِ أَبِي بِلَالٍ عَنْ عِرْبَاضِ بْنِ سَارِيَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَخْتَصِمُ الشُّهَدَاءُ وَالْمُتَوَفَّوْنَ عَلَى فُرُشِهِمْ إِلَى رَبِّنَا عَزَّ وَجَلَّ فِي الَّذِينَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْ الطَّاعُونِ فَيَقُولُ الشُّهَدَاءُ إِخْوَانُنَا قُتِلُوا كَمَا قُتِلْنَا وَيَقُولُ الْمُتَوَفَّوْنَ عَلَى فُرُشِهِمْ إِخْوَانُنَا مَاتُوا عَلَى فُرُشِهِمْ كَمَا مِتْنَا عَلَى فُرُشِنَا فَيَقُولُ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ انْظُرُوا إِلَى جِرَاحِهِمْ فَإِنْ أَشْبَهَتْ جِرَاحُهُمْ جِرَاحَ الْمَقْتُولِينَ فَإِنَّهُمْ مِنْهُمْ وَمَعَهُمْ فَإِذَا جِرَاحُهُمْ قَدْ أَشْبَهَتْ جِرَاحَهُمْ

Telah menceritakan kepada kami Haiwah bin Syuraih[10] yaitu Ibnu Yazid Al Hadrami, dan Yazid bin Abdu Rabbihi berkata; telah menceritakan kepada kami Baqiyyah[11] berkata; telah menceritakan kepadaku Bahir bin Sa'ad[12] dari Khalid bin Ma'dan[13] dari Ibnu Abu bilal[14] dari Al 'Irbadl bin Sariyah[15] sesungguhnya Rasulullah bersabda: "Para syuhada` dan orang-orang yang meninggal pada tempat tidurnya saling berselisih kepada Rab terhadap orang-orang yang meninggal karena penyakit thaun (sejenis penyakit perut), lalu para syuhada' berkata; 'Saudara-saudara kami terbunuh sebagaimana kami terbunuh'. Orang-orang yang meninggal pada tempat tidurnya berkata; 'saudara-saudara kami terbunuh sebagaimana kami terbunuh pada tempat tidur kami'. Lalu Rabb berfirman, 'Lihatlah kalian luka mereka, jika luka mereka sama dengan luka orang yang terbunuh (di medan Perang), mereka adalah bagian dari mereka dan akan bersama mereka. Ternyata luka mereka sama." (AHMAD - 16533)

Hadits Penguat: Tidak ditemukan


Syahidnya orang yang terkena penyakit tha'un
Dalam sebuah riwayat dikatakan:

حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَيَّاشٍ عَنْ بَحِيرِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ عَنِ ابْنِ أَبِي بِلَالٍ عَنِ الْعِرْبَاضِ بْنِ سَارِيَةَ قَالَ

سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ يَخْتَصِمُ الشُّهَدَاءُ وَالْمُتَوَفَّوْنَ عَلَى فُرُشِهِمْ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ فِي الَّذِينَ مَاتُوا مِنْ الطَّاعُونِ فَيَقُولُ الشُّهَدَاءُ إِخْوَانُنَا قُتِلُوا وَيَقُولُ الْمُتَوَفَّوْنَ عَلَى فُرُشِهِمْ إِخْوَانُنَا مَاتُوا عَلَى فُرُشِهِمْ كَمَا مِتْنَا فَيَقْضِي اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ بَيْنَهُمْ أَنْ انْظُرُوا إِلَى جِرَاحَاتِ الْمُطَّعَنِينَ فَإِنْ أَشْبَهَتْ جِرَاحَاتِ الشُّهَدَاءِ فَهُمْ مِنْهُمْ فَيَنْظُرُونَ إِلَى جِرَاحِ الْمُطَّعَنِينَ فَإِذَا هُمْ قَدْ أَشْبَهَتْ فَيُلْحَقُونَ مَعَهُمْ

Telah menceritakan kepada kami Abu Al Yaman[16] telah menceritakan kepada kami Isma'il bin 'Ayyasy[2] dari Bahir bin Sa'ad[12] dari Khalid bin Ma'dan[13] dari Ibnu Abu bilal[14] dari Al 'Irbadl bin Sariyah[15] berkata; saya telah mendengar sesungguhnya Nabi bersabda: Para syuhada` dan orang-orang yang meninggal diatas tempat tidurnya saling berselisih kepada Allah terhadap orang-orang yang meninggal karena penyakit thaun (sejenis penyakit perut), lalu para syuhada' berkata; 'saudara-saudara kami terbunuh'. Orang-orang yang meninggal diatas tempat tidurnya berkata; 'saudara-saudara kami terbunuh diatas tempat tidur mereka sebagaimana kami terbunuh diatas tempat tidur kami'. Lalu Rab memutuskan pada mereka, 'Lihatlah kalian luka-luka mereka, jika luka mereka sama dengan luka para syuhada' maka mereka adalah bagian dari mereka. Lalu mereka melihat luka orang yang terkena thaun, ternyata mereka mirip lalu mereka bersama (para syuhada')." (AHMAD - 16538)

Hadits Penguat: Tidak ditemukan


Kesunnahan shalat sunnah di awal hari
Dalam sebuah riwayat dikatakan:

حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ حَدَّثَنَا أَبَانُ بْنُ يَزِيدَ الْعَطَّارُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ نُعَيْمِ بْنِ هَمَّارٍ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ الْجُهَنِيِّ

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ يَا ابْنَ آدَمَ اكْفِنِي أَوَّلَ النَّهَارِ بِأَرْبَعِ رَكَعَاتٍ أَكْفِكَ بِهِنَّ آخِرَ يَوْمِكَ

Telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun[17] Telah menceritakan kepada kami Aban bin Yazid Al Athar[18] dari Qatadah[19] dari Nu'aim bin Hammar[20] dari Uqbah bin Amir Al Juhani[21], bahwa Rasulullah bersabda: "Sesungguhnya Allah berfirman: 'Wahai anak Adam, cukupkanlah kepada-Ku pada awal hari dengan (shalat) empat rakaat, niscaya Aku akan mencukupimu dengannya di akhir harimu.'" (AHMAD - 16749)

Hadits Penguat: Tidak ditemukan


Keutamaan bangun malam dan bermunajad kepada Allah
Dalam sebuah riwayat dikatakan:

حَدَّثَنَا حَسَنٌ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ حَدَّثَنَا أَبُو عُشَّانَةَ أَنَّهُ سَمِعَ عُقْبَةَ بْنَ عَامِرٍ يَقُولُ لَا أَقُولُ الْيَوْمَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا لَمْ يَقُلْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ قَالَ عَلَيَّ مَا لَمْ أَقُلْ فَلْيَتَبَوَّأْ بَيْتًا مِنْ جَهَنَّمَ وَسَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ رَجُلَانِ مِنْ أُمَّتِي يَقُومُ أَحَدُهُمَا مِنْ اللَّيْلِ فَيُعَالِجُ نَفْسَهُ إِلَى الطَّهُورِ وَعَلَيْهِ عُقَدٌ فَيَتَوَضَّأُ فَإِذَا وَضَّأَ يَدَيْهِ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ وَإِذَا مَسَحَ رَأْسَهُ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ وَإِذَا وَضَّأَ وَجْهَهُ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ وَإِذَا مَسَحَ رَأْسَهُ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ وَإِذَا وَضَّأَ رِجْلَيْهِ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَيَقُولُ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ لِلَّذِينَ وَرَاءَ الْحِجَابِ انْظُرُوا إِلَى عَبْدِي هَذَا يُعَالِجُ نَفْسَهُ مَا سَأَلَنِي عَبْدِي هَذَا فَهُوَ لَهُ

Telah menceritakan kepada kami Hasan[22] Telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahi'ah[23] Telah menceritakan kepada kami Abu Usyanah[24] bahwa ia mendengar Uqbah bin Amir[21] berkata, "Pada hari ini saya tidak akan mengatakan atas nama Rasulullah sesuatu yang tidak ia katakan. Saya mendengar Rasulullah bersabda: "Barangsiapa mengatakan sesuatu atas namaku sengan sesuatu yang tidak aku katakan, maka hendaklah ia bersiap-siap menempati rumahnya di neraka jahannam." Dan saya juga mendengar Rasulullah bersabda: "Dua orang dari umatku, salah satu darinya bangun di waktu malam lalu bersuci, sementara padanya masih terdapat sejumlah ikatan, lalu berwudlu, maka jika ia membasuh tangannya, akan lepaslah satu ikatan. Jika ia membasuh kepalanya, akan lepaslah satu ikatan lagi. Jika ia membasuh wajahnya, akan lepaslah satu ikatan, dan ia mengusap kepalanya, akan lepas pulalah satu ikatan. Kemudian ketika ia membasuh kedua kakinya maka lepaslah satu ikatan lagi. Maka Ar Rabb berfirman kepada mereka yang berada di balik hijab: 'Lihatlah kepada hamba-Ku ini. Ia membenahi dirinya sendiri, apa yang diminta oleh hamba-Ku ini maka hal itu adalah baginya.'" (AHMAD - 16815)

Hadits Penguat: Tidak ditemukan


Penghuni surga ada tiga golongan dan penghuni neraka ada lima
Dalam sebuah riwayat dikatakan:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا هِشَامٌ حَدَّثَنَا قَتَادَةُ عَنْ مُطَرِّفٍ عَنْ عِيَاضِ بْنِ حِمَارٍ

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَطَبَ ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ فِي خُطْبَتِهِ إِنَّ رَبِّي عَزَّ وَجَلَّ أَمَرَنِي أَنْ أُعَلِّمَكُمْ مَا جَهِلْتُمْ مِمَّا عَلَّمَنِي فِي يَوْمِي هَذَا كُلُّ مَالٍ نَحَلْتُهُ عِبَادِي حَلَالٌ وَإِنِّي خَلَقْتُ عِبَادِي حُنَفَاءَ كُلَّهُمْ وَإِنَّهُمْ أَتَتْهُمْ الشَّيَاطِينُ فَأَضَلَّتْهُمْ عَنْ دِينِهِمْ وَحَرَّمَتْ عَلَيْهِمْ مَا أَحْلَلْتُ لَهُمْ وَأَمَرَتْهُمْ أَنْ يُشْرِكُوا بِي مَا لَمْ أُنَزِّلْ بِهِ سُلْطَانًا ثُمَّ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ نَظَرَ إِلَى أَهْلِ الْأَرْضِ فَمَقَتَهُمْ عَجَمِيَّهُمْ وَعَرَبِيَّهُمْ إِلَّا بَقَايَا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَقَالَ إِنَّمَا بَعَثْتُكَ لِأَبْتَلِيَكَ وَأَبْتَلِيَ بِكَ وَأَنْزَلْتُ عَلَيْكَ كِتَابًا لَا يَغْسِلُهُ الْمَاءُ تَقْرَؤُهُ نَائِمًا وَيَقْظَانًا ثُمَّ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ أَمَرَنِي أَنْ أُحَرِّقَ قُرَيْشًا فَقُلْتُ يَا رَبِّ إِذَنْ يَثْلَغُوا رَأْسِي فَيَدَعُوهُ خُبْزَةً فَقَالَ اسْتَخْرِجْهُمْ كَمَا اسْتَخْرَجُوكَ فَاغْزُهُمْ نُغْزِكَ وَأَنْفِقْ عَلَيْهِمْ فَسَنُنْفِقَ عَلَيْكَ وَابْعَثْ جُنْدًا نَبْعَثْ خَمْسَةً مِثْلَهُ وَقَاتِلْ بِمَنْ أَطَاعَكَ مَنْ عَصَاكَ وَأَهْلُ الْجَنَّةِ ثَلَاثَةٌ ذُو سُلْطَانٍ مُقْسِطٌ مُتَصَدِّقٌ مُوَفَّقٌ وَرَجُلٌ رَحِيمٌ رَقِيقُ الْقَلْبِ لِكُلِّ ذِي قُرْبَى وَمُسْلِمٍ وَرَجُلٌ فَقِيرٌ عَفِيفٌ مُتَصَدِّقٌ وَأَهْلُ النَّارِ خَمْسَةٌ الضَّعِيفُ الَّذِي لَا زَبْرَ لَهُ الَّذِينَ هُمْ فِيكُمْ تَبَعًا أَوْ تُبَعَاءَ شَكَّ يَحْيَى لَا يَبْتَغُونَ أَهْلًا وَلَا مَالًا وَالْخَائِنُ الَّذِي لَا يَخْفَى عَلَيْهِ طَمَعٌ وَإِنْ دَقَّ إِلَّا خَانَهُ وَرَجُلٌ لَا يُصْبِحُ وَلَا يُمْسِي إِلَّا وَهُوَ يُخَادِعُكَ عَنْ أَهْلِكَ وَمَالِكَ وَذَكَرَ الْبُخْلَ وَالْكَذِبَ وَالشِّنْظِيرَ الْفَاحِشَ

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ قَالَ سَمِعْتُ مُطَرِّفًا فِي هَذَا الْحَدِيثِ و قَالَ عَفَّانُ فِي حَدِيثِ هَمَّامٍ وَالشِّنْظِيرُ الْفَاحِشُ قَالَ وَذَكَرَ الْكَذِبَ أَوْ الْبُخْلَ

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa'id[25] Telah menceritakan kepada kami Hisyam[26] Telah menceritakan kepada kami Qatadah[19] dari Mutharrif[27] dari 'Iyadh bin Himar[28], Nabi suatu hari menyampaikan khutbah, dalam khutbahnya beliau sampaikan pesan "Rabbku menyuruhku mengajari kalian hal-hal yang tidak kalian ketahui, dari yang diajarkan-Nya kepadaku hari ini. (firman-Nya); Segala harta yang aku berikan kepada hamba-Ku adalah halal, Aku ciptakan semua hamba-Ku dalam keadaan hanif, kemudian setan mendatangi mereka, menyesatkannya dari agama mereka, mengharamkan apa yang Aku halalkan untuk mereka, memerintahkan agar menyekutukan-Ku dengan apa-apa yang tidak Aku turunkan penjelasan tentangnya, kemudian Allah melihat penduduk bumi dan Allah murka kepada mereka, baik yang berkebangsaan arab maupun non arab selain sisa-sisa ahli kitab. Dan Allah befirman "Hayasanya aku mengutusmu (Muhammad) untuk mengujimu dan menguji (manusia) dengan pengutusanmu, dan telah Aku turunkan kitab kepadamu yang tak terhapus oleh air, engkau bacakan kepada orang yang tidur maupun terjaga, kemudian Allah menyuruhku untuk membakar quraisy, maka aku mengadu "Wahai rabbi, tentu mereka akan mencakar-cakar dan meremukkan kepalaku lantas membiarkannya bagaikan roti yang diremuk dan direndam. Allah berfirman; "Usirlah mereka, sebagaimana mereka mengusirmu, perangilah mereka sebagaimana mereka memerangimu, berkorbanlan untuk mengalahkan mereka niscaya aku berkorban untukmu, dan berangkatkanlah pasukan lima kali lipat semisalnya, perangilah siapa saja yang membangkangmu dengan tentara yang menaatimu. Penghuni surge ada tiga golongan, Pertama, penguasa yang adil, ia rajin sedekah dan menjalan kekuasaannya dengan benar, Kedua, manusia penyayang dan hatinya lembut kepada kerabat dan sesama muslim, dan ketiga seorang fakir yang menjaga kehormatan dan rajin sedekah. Sebaliknya penghuni neraka ada lima, Pertama, orang lemah (mental) yang tidak mempunyai kesemangatan, mereka hanya suka ikut orang diantara kalian -atau dengan lafadz mereka-mereka hanya (dengan lafadz jamak pada mereka) -Yahya ragu kepastiannya, mereka tak mau berkeinginan membangun kehidupan berumah tangga dan tidak juga mengumpulkan harta, kedua, manusia pengkhianat yang kerakusannya tidak lagi tersembunyi, tidak ada masalah sepele, selain juga ia khianati, ketiga, dan seseorang yang tidak berpagi atau bersore hari selain menipumu dalam keluarga dan hartamu, (empat, kelima, atau keenamnya) beliau sebutkan kebakhilan, kedustaan, dan akhlak jahat." Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa'id Telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Qatadah mengatakan, aku mendengar Mutharrif tentang hadis ini. Dan Affan katakan tentang hadits Hammam, dan moral jahat serta keburukan (katanya), dan ia sebutkan kebohongan dan kebakhilan. (AHMAD - 16837)

Hadits Penguat: Tidak ditemukan


Anjuran untuk penegak hukum untuk tidak menakut-nakuti pesakitan dengan hukuman berat
Dalam sebuah riwayat dikatakan:

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ عَبْد اللَّهِ وَسَمِعْتُهُ أَنَا مِنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ حَفْصٍ عَنْ يَعْلَى بْنِ مُرَّةَ أَنَّهُ

كَانَ عِنْدَ زِيَادٍ جَالِسَا فَأُتِيَ بِرَجُلٍ شَهِدَ فَغَيَّرَ شَهَادَتَهُ فَقَالَ لَأَقْطَعَنَّ لِسَانَكَ فَقَالَ لَهُ يَعْلَى أَلَا أُحَدِّثُكَ حَدِيثًا سَمِعْتُهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَا تُمَثِّلُوا بِعِبَادِي قَالَ فَتَرَكَهُ

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad[29], Abdullah berkata; aku mendengarnya dari Abdullah bin Muhammad bin Abu Syaibah Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Fudlail[30] dari 'Atha bin As Sa`ib[31] dari Abdullah bin Hafsh[32] dari Ya'la bin Murrah[33], bahwa ia pernah duduk di sisi Ziyad, lalu dihadapkanlah kepadanya seorang laki-laki yang bersaksi tetapi merubah kesaksiannya. Maka Ziyad pun berkata, "Saya benar-benar akan memotong lisanmu." Kemudian Ya'la berkata kepadanya, "Maukah kamu aku ceritakan hadits yang aku dengar dari Rasulullah ? Saya mendengar Rasulullah bersabda: "Allah berfirman: 'Janganlah kalian menakut-nakuti hamba-Ku (dengan hukuman berat).'" Maka Ziyad pun meninggalkannya. (AHMAD - 16899)

Hadits Penguat: Tidak ditemukan


Larangan Memutilasi
Dalam sebuah riwayat dikatakan:

حَدَّثَنَا عَفَّانُ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا عَطَاءُ بْنُ السَّائِبِ عَنْ يَعْلَى بْنِ مُرَّةَ الثَّقَفِيِّ قَالَ

سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَا تُمَثِّلُوا بِعِبَادِي

Telah menceritakan kepada kami Affan[34] Telah menceritakan kepada kami Wuhaib[35] Telah menceritakan kepada kami Atha bin Sa`ib[31] dari Ya'la bin Murrah Ats Tsaqafi[33] ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah bersabda: "Allah berfiman: 'Janganlkalah kalian mencincang jasad para hamba-Ku." (AHMAD - 16910)

Hadits Penguat: Tidak ditemukan


Semua makhluk dalam kekuasaan Allah
Dalam sebuah riwayat dikatakan:

حَدَّثَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ يَعْنِي ابْنَ سَلَمَةَ حَدَّثَنَا الْجُرَيْرِيُّ عَنْ أَبِي نَضْرَةَ

أَنَّ رَجُلًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَالُ لَهُ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ دَخَلَ عَلَيْهِ أَصْحَابُهُ يَعُودُونَهُ وَهُوَ يَبْكِي فَقَالُوا لَهُ مَا يُبْكِيكَ أَلَمْ يَقُلْ لَكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خُذْ مِنْ شَارِبِكَ ثُمَّ أَقِرَّهُ حَتَّى تَلْقَانِي قَالَ بَلَى وَلَكِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ قَبَضَ بِيَمِينِهِ قَبْضَةً وَأُخْرَى بِالْيَدِ الْأُخْرَى وَقَالَ هَذِهِ لِهَذِهِ وَهَذِهِ لِهَذِهِ وَلَا أُبَالِي فَلَا أَدْرِي فِي أَيِّ الْقَبْضَتَيْنِ أَنَا

Telah menceritakan kepada kami Abdush Shamad[36] Telah menceritakan kepada kami Hammad[37] -yakni Ibnu Salamah- Telah menceritakan kepada kami Al Jurairi[38] dari Abu An Nadlr[39], bahwa salah seorang sahabat[40] Nabi yang biasa dipanggil Abu Abdullah dijenguk oleh para sahabat-sahabatnya, namun saat itu ia menangis hingga para sahabatnya bertanya padanya, "Apa yang menyebabkan kamu menangis? Bukankah Rasulullah telah bersabda kepadamu: 'Ambillah minumanmu kemudian jamulah ia dengan sebaik-baiknya hingga kamu menemuiku.'" Abu Abdullah menjawab, "Benar, namun aku juga mendengar Rasulullah bersabda: 'Sesungguhnya Allah menggenggam dengan tangan kanan-Nya, sementara tangan kiri-Nya juga menggenggam genggaman yang lain, lalu berfirman: 'Ini untuk yang ini dan itu untuk yang itu. Dan Aku tidak perduli (siapa yang ada dalam genggaman itu).' Dan aku tidak tahu di genggaman manakah aku akan berada." (AHMAD - 16932)

Hadits Penguat: Tidak ditemukan



Bersambung Klik di sini

Musnad Hadits:


(1) Nama Lengkap : Al Haitsam bin Kharijah

Kalangan : Tabi'ul Atba' kalangan tua

Kuniyah : Abu Ahmad

Negeri semasa hidup : Baghdad

Wafat : 227 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Abu Hatim; Shaduuq

Yahya bin Ma'in; Tsiqah

An Nasa'i; laisa bihi ba`s

Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'Ats Tsiqat'

Ibnu Hajar; Shaduuq

Adz Dzahabi; Hafizh


(2) Nama Lengkap : Isma'il bin 'Ayyasy bin Sulaim

Kalangan : Tabi'ut Tabi'in kalangan pertengahan

Kuniyah : Abu 'Utbah

Negeri semasa hidup : Syam

Wafat : 181 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Ahmad bin Hambal; Husnu riwayatihi 'an asy Syamiyyin

Yahya bin Ma'in; Laisa bihi ba`s fi ahli asy Syam

Ali bin Al Madini; Dia mentsiqahkannya pada orang-orang Syam dan mendhaifkannya pada yang lainnya

Ibnu Abi Syaibah; Dia mentsiqahkannya pada orang-orang Syam dan mendhaifkannya pada yang lainnya

Amru bin Al Fallas; Dia mentsiqahkannya pada orang-orang Syam dan mendhaifkannya pada yang lainnya

Dahim; Dia mentsiqahkannya pada orang-orang Syam dan mendhaifkannya pada yang lainnya

At Tirmidzi; Dishahihkan selain dari hadits ahli Syam

Ibnu Hajar al 'Asqalani; Shaduq jika ia meriwayatkan dari penduduk negerinya

Adz Dzahabi; Alimnya ahli Syam


(3) Nama Lengkap : Raosyid bin Daud

Kalangan : Tabi'in (tdk jumpa Shahabat)

Kuniyah : Abu Al Mahlab

Negeri semasa hidup : Syam

Wafat : -


Komentar Ulama' Tentangnya:

Ad Daruquthni; dla'if

Al Bukhari; Fiihi Nadzor

Ibnu Hajar al 'Asqalani; Shaduuq Lahu Auham

Adz Dzahabi; Diperselisihkan


(4) Nama Lengkap : Syarahil bin Aadah

Kalangan : Tabi'in kalangan tua

Kuniyah : Abu Al Asy'Ats

Negeri semasa hidup : Yaman

Wafat : -


Komentar Ulama' Tentangnya:

Ibnu Hibban; Tsiqah

Al 'Ajli; Tsiqah

Adz Dzahabi; Tsiqah

Ibnu Hajar Al Atsqalani; Tsiqah


(5) Nama Lengkap : Syaddad bin Aus bin Tsabit

Kalangan : Shahabat

Kuniyah : Abu Ya'laa

Negeri semasa hidup : Syam

Wafat : 58 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Ibnu Hajar Al Atsqalani; Shahabat

Adz Dzahabi; Shahabat


(6) Nama Lengkap : Hasyim bin Al Qasim bin Muslim bin Miqsam

Kalangan : Tabi'ul Atba' kalangan tua

Kuniyah : Abu AN Nadlor

Negeri semasa hidup : Baghdad

Wafat : 207 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Yahya bin Ma'in; Tsiqah

Ibnul Madini; Tsiqah

Ibnu Sa'd; Tsiqah

Abu Hatim; Tsiqah

Al 'Ajli; Tsiqah

Ibnu Qani'; Tsiqah

Ibnu Abdil Barr; Shaduuq

An Nasa'i; la ba`sa bih

Hakim; hafidz tsabat

Ibnu Hajar al 'Asqalani; tsiqah tsabat

Adz Dzahabi; tsiqoh hafidz


(7) Nama Lengkap : Abdul Hamid bin Bahram

Kalangan : Tabi'in (tdk jumpa Shahabat)

Kuniyah : -

Negeri semasa hidup : Mada'in

Wafat : -


Komentar Ulama' Tentangnya:

Syu'bah; Shaduuq

Ahmad bin Hambal; syaikh tsiqah

Abu Daud; Tsiqah

Yahya bin Ma'in; Tsiqah

Ibnul Madini; Tsiqah

Al 'Ajli; la ba`sa bih

An Nasa'i; laisa bihi ba`s

Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat

As Saji; shaduuq tapi punya keragu-raguan

Ibnu Hajar al 'Asqalani; Shaduuq


(8) Nama Lengkap : Syahar bin Hawsyab

Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan

Kuniyah : Abu Sa'id

Negeri semasa hidup : Syam

Wafat : 100 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Musa bin Harun; dla'if

An Nasa'i; laisa bi qowi

Ahmad bin Hambal; laisa bihi ba`s

Hakim; laisa bi qowi

Al Baihaqi; dla'if

Ibnu Hazm; saqith

Ibnu 'Adi; dlaif jiddan

Ibnu Hajar Al Atsqalani; shaduuq tapi punya keragu-raguan


(9) Nama Lengkap : Abdur Rahman bin Ghanmi

Kalangan : Tabi'in kalangan tua

Kuniyah : -

Negeri semasa hidup : Syam

Wafat : 78 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Al 'Ajli; Tsiqah

Ya'kub bin Syaibah; Tsiqah

Ibnu Hibban; Tsiqah

Ibnu Sa'd; Tsiqah

Ibnu Hajar al 'Asqalani; status 'shahabatannya' diperselisihkan


(10) Nama Lengkap : Haywah bin Suraih bin Yazid

Kalangan : Tabi'ul Atba' kalangan tua

Kuniyah : Abu Al 'Abbas

Negeri semasa hidup : Syam

Wafat : 224 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Ya'kub Ibnu Syaibah; Tsiqah

Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat

Adz Dzahabi; Alhafidz

Ibnu Hajar al 'Asqalani; Tsiqah


(11) Nama Lengkap : Baqiyyah bin Al Walid bin Sha'id

Kalangan : Tabi'ut Tabi'in kalangan pertengahan

Kuniyah : Abu Yahmad

Negeri semasa hidup : Syam

Wafat : 197 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Adz Dzahabi; Hafizh

Al 'Ajli; Tsiqah

Al Hakim; tsiqah ma`mun


(12) Nama Lengkap : Bahir bin Sa'ad

Kalangan : Tabi'in (tdk jumpa Shahabat)

Kuniyah : Abu Khalid

Negeri semasa hidup : Syam

Wafat : -


Komentar Ulama' Tentangnya:

Dahim; Tsiqah

Ibnu Saad; Tsiqah

An Nasa'i; Tsiqah

Al 'Ajli; Tsiqah

Abu Hatim; shalihul hadits

Ibnu Hajar; tsiqah tsabat

Adz Dzahabi; Hujjah

Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'Ats Tsiqat'


(13) Nama Lengkap : Khalid bin Ma'dan bin Abi Karb

Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan

Kuniyah : Abu 'Abdullah

Negeri semasa hidup : Syam

Wafat : 104 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Al 'Ajli; Tabi'i Tsiqoh

Ya'kub Ibnu Syaibah; Tsiqah

Muhammad bin Sa'd; Tsiqah

An Nasa'i; Tsiqah

Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat


(14) Nama Lengkap : Abdullah bin Abi Bilal

Kalangan : Tabi'in kalangan biasa

Kuniyah : -

Negeri semasa hidup : Syam

Wafat : -


Komentar Ulama' Tentangnya:

Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat

Ibnu Hajar al 'Asqalani; maqbul

Adz Dzahabi; Tsiqah


(15) Nama Lengkap : Irbadl bin Sariyah

Kalangan : Shahabat

Kuniyah : Abu Najih

Negeri semasa hidup : Syam

Wafat : 75 H


Komentar Ulama' Tentangnya: Shahabat

(16) Nama Lengkap : Al Hakam bin Nafi'

Kalangan : Tabi'ul Atba' kalangan tua

Kuniyah : Abu Al Yaman

Negeri semasa hidup : Syam

Wafat : 222 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Yahya bin Ma'in; Tsiqah

Abu Hatim Ar Rozy; Tsiqah Shaduuq

Al 'Ajli; la ba`sa bih

Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat


(17) Nama Lengkap : Yazid bin Harun

Kalangan : Tabi'ut Tabi'in kalangan biasa

Kuniyah : Abu Khalid

Negeri semasa hidup : Hait

Wafat : 206 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Yahya bin Ma'in; Tsiqah

Ibnul Madini; Tsiqah

Al 'Ajli; Tsiqah

Abu Hatim; Tsiqah

Ibnu Sa'd; Tsiqah

Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat

Ya'kub bin Syaibah; Tsiqah

Ibnu Qani'; tsiqah ma`mun

Ibnu Hajar al 'Asqalani; tsiqah ahli ibadah

Adz Dzahabi; seorang tokoh


(18) Nama Lengkap : Aban bin Yazid

Kalangan : Tabi'ut Tabi'in kalangan tua

Kuniyah : Abu Yazid

Negeri semasa hidup : Bashrah

Wafat : 160 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Ahmad bin Hambal; kokoh di setiap masyayikh

Yahya bin Ma'in; Tsiqah

An Nasa'i; Tsiqah

Ibnul Madini; menurut kami dia adalah tsiqah

Al 'Ajli; Tsiqah

Ibnu 'Adi; harapanku dia adalah ahlu shidqi

Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat

Ibnu Hajar al 'Asqalani; Tsiqah

Adz Dzahabi; "Tsabt, tetapi Ibnul Jauzi menyebutkannya dalam kitab adl Dlu'afa dengan menyebutkan orang yang menjarehnya tanpa menyebut orang yang mentsiqahkannya"


(19) Nama Lengkap : Qatadah bin Da'amah bin Qatadah

Kalangan : Tabi'in kalangan biasa

Kuniyah : Abu Al Khaththab

Negeri semasa hidup : Bashrah

Wafat : 117 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Yahya bin Ma'in; Tsiqah

Muhammad bin Sa'd; tsiqah ma`mun

Ibnu Hajar al 'Asqalani; tsiqah tsabat

Adz Dzahabi; Hafizh


(20)

(28) Nama Lengkap : Nu'aim bin Hammar

Kalangan : Shahabat

Kuniyah : -

Negeri semasa hidup : -

Wafat : -


Komentar Ulama' Tentangnya: Shahaba

(21)

(22) Nama Lengkap : Uqbah bin 'Amir bin 'Abs

Kalangan : Shahabat

Kuniyah : Abu Hammad

Negeri semasa hidup : Maru

Wafat : 58 H


Komentar Ulama' Tentangnya: Shahabat

(22) Nama Lengkap : Al Hasan bin Musa

Kalangan : Tabi'ut Tabi'in kalangan biasa

Kuniyah : Abu 'Ali

Negeri semasa hidup : Jazirah

Wafat : 209 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat

Yahya bin Ma'in; Tsiqah

Ibnu Madini; Tsiqah

Ibnu Hajar al 'Asqalani; Tsiqah

Adz Dzahabi; Tsiqah


(23) Nama Lengkap : Abdullah bin Lahi'ah

Kalangan : Tabi'ut Tabi'in kalangan tua

Kuniyah : Abu 'Abdur Rahman

Negeri semasa hidup : Maru

Wafat : 174 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Abu Zur'ah; la yadlbuth

Muhammad bin Sa'd; dla'if

Hakim; dzahibul hadits

Ibnu Hajar; Shaduuq

Adz Dzahabi; dla'if


(24) Nama Lengkap : Huyyay bin Yu'min bin Jubail

Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan

Kuniyah : Abu 'Isyanah

Negeri semasa hidup : Maru

Wafat : 118 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Yahya bin Ma'in; Tsiqah

Ahmad bin Hambal; Tsiqah

Ya'qub bin sufyan; Tsiqah

Abu Hatim Ar Rozy; shalihul hadits

Ibnu Hibban; mentsiqahkannya


(25) Nama Lengkap : Yahya bin Sa'id bin Farrukh

Kalangan : Tabi'ut Tabi'in kalangan biasa

Kuniyah : Abu Sa'id

Negeri semasa hidup : Bashrah

Wafat : 198 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

An Nasa'i; tsiqah tsabat

Abu Zur'ah; tsiqoh hafidz

Abu Hatim; tsiqoh hafidz

Al 'Ajli; Tsiqah

Ibnu Sa'd; tsiqah ma`mun

Ibnu Hajar al 'Asqalani; tsiqah mutqin

Adz Dzahabi; hafidz kabir


(26) Nama Lengkap : Hisyam bin Abi 'Abdullah Sanbar

Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan

Kuniyah : Abu Bakar

Negeri semasa hidup : Bashrah

Wafat : 154 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Al 'Ajli; Tsiqah

Ibnu Sa'd; tsiqah tsabat

Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat

Ibnu Hajar al 'Asqalani; tsiqah tsabat

Adz Dzahabi; Hafizh


(27) Nama Lengkap : Mutharrif bin 'Abdullah bin Asy Syakhir/span>

Kalangan : Tabi'in (tdk jumpa Shahabat)

Kuniyah : Abu Mush'ab

Negeri semasa hidup : Bashrah

Wafat : 95 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Ibnu Sa'd; tsiqah fadlil

Al 'Ajli; Tsiqah

Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat

Adz Dzahabi; seorang tokoh

Ibnu Hajar al 'Asqalani; tsiqah fadlil


(28) Nama Lengkap : Iyadl bin Himar

Kalangan : Shahabat

Kuniyah : -

Negeri semasa hidup : Bashrah

Wafat : -


Komentar Ulama' Tentangnya:

Adz Dzahabi; Shahabat

Ibnu Hajar al 'Asqalani; Shahabat


(29) Nama Lengkap : Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin 'Utsman

Kalangan : Tabi'ul Atba' kalangan tua

Kuniyah : Abu Bakar

Negeri semasa hidup : Kufah

Wafat : 235 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Ahmad bin Hambal; Shaduuq

Abu Hatim; tsiqah


(30) Nama Lengkap : Muhammad bin Fudloil bin Ghazwan bin Jarir

Kalangan : Tabi'in (tdk jumpa Shahabat)

Kuniyah : Abu 'Abdur Rahman

Negeri semasa hidup : Kufah

Wafat : 295 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Yahya bin Ma'in; Tsiqah

Abu Zur'ah; Shaduuq

Abu Hatim; syaikh

An Nasa'i; laisa bihi ba`s

Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat

Ibnu Hajar al 'Asqalani; Shaduuq

Adz Dzahabi; Tsiqah


(31) Nama Lengkap : Atha' bin As Sa'ib bin Malik

Kalangan : Tabi'in kalangan biasa

Kuniyah : Abu As Sa'ib

Negeri semasa hidup : Kufah

Wafat : 136 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Ibnu Hajar; Shaduuq

Adz Dzahabi; salah satu ahli ilmu

Al 'Ajli; syaikh


(32) Nama Lengkap : Abdullah bin Hafsh

Kalangan : Tabi'in kalangan biasa

Kuniyah : -

Negeri semasa hidup : -

Wafat : -


Komentar Ulama' Tentangnya:

Ibnu Hajar Al Atsqalani; majhul


(33) Nama Lengkap : Ya'laa bin Murrah bin Wahab

Kalangan : Shahabat

Kuniyah : Abu Al Marazim

Negeri semasa hidup : Madinah

Wafat : -


Komentar Ulama' Tentangnya: Shahabat

(34) Nama Lengkap : Affan bin Muslim bin 'Abdullah

Kalangan : Tabi'ul Atba' kalangan tua

Kuniyah : Abu 'Utsman

Negeri semasa hidup : Baghdad

Wafat : 219 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Ibnu Hajar; tsiqah tsabat

Adz Dzahabi; Hafizh

Ibnu Saad; Tsiqah


(35) Nama Lengkap : Wuhaib bin Khalid bin 'Ajlan

Kalangan : Tabi'ut Tabi'in kalangan tua

Kuniyah : Abu Bakar

Negeri semasa hidup : Bashrah

Wafat : 165 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Ahmad bin Hambal; laisa bihi ba`s

Al 'Ajli; tsiqah tsabat

Abu Hatim; Tsiqah

Ibnu Hajar al 'Asqalani; tsiqah tsabat

Adz Dzahabi; Hafizh


(36) Nama Lengkap : Abdush Shamad bin 'Abdul Warits bin Sa'id bin Dzakwan

Kalangan : Tabi'ut Tabi'in kalangan biasa

Kuniyah : Abu Sahal

Negeri semasa hidup : Bashrah

Wafat : 207 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Abu Hatim; shaduuq shalih

Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat

Ibnu Sa'd; Tsiqah

Hakim; tsiqah ma`mun

Ibnu Hajar al 'Asqalani; Shaduuq

Adz Dzahabi; Hafizh


(37) Nama Lengkap : Hammad bin Salamah bin Dinar

Kalangan : Tabi'ut Tabi'in kalangan pertengahan

Kuniyah : Abu Salamah

Negeri semasa hidup : Bashrah

Wafat : 167 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

An Nasa'i; Tsiqah

Yahya bin Ma'in; Tsiqah

Al 'Ajli; Tsiqah

Muhammad bin Sa'd; Tsiqah

Ibnu Hibban; diperselisihkan statusnya sebagai shahabat


(38) Nama Lengkap : Sa'id bin Iyas

Kalangan : Tabi'in kalangan biasa

Kuniyah : Abu Mas'ud

Negeri semasa hidup : Bashrah

Wafat : 144 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Yahya bin Ma'in; Tsiqah

An Nasa'i; Tsiqah

Al 'Ajli; Tsiqah

Ibnu Hajar al 'Asqalani; Tsiqah berubah sebelum matinya

Abu Hatim; Berubah hafalannya sebelum meninggal


(39) Nama Lengkap : Al Mundzir bin Malik bin Qath'ah

Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan

Kuniyah : Abu Nadlrah

Negeri semasa hidup : Bashrah

Wafat : 108 H


Komentar Ulama' Tentangnya:

Abu Zur'ah; Tsiqah

An Nasa'i; Tsiqah

Yahya bin Ma'in; Tsiqah

Ahmad bin Hambal; tsiqah

Al 'Uqaili; disebutkan dalam Adl Dluafa'

Ibnu Syahin; disebutkan dalam 'Ats Tsiqat'

Ibnu Hajar; Tsiqah

Adz Dzahabi; tsiqah terkadang lalai


(40) Nama Lengkap : Abu 'Abdullah

Kalangan : Shahabat

Kuniyah : Abu 'Abdullah

Negeri semasa hidup : -

Wafat : -


Komentar Ulama' Tentangnya: Shahabat

. . . . . . . . .





Back to The Title

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top