Topik Hadits:
- Memendekkan kumis.
- Menyisir.
- Semir dengan hena dan katam.
- Meminta disambungkan.
- Mentato dan perbedaan pada Abdullah bin murrah dan Asysya'bi.
- Anbar.
- Hadis Ubaidah.
- Hadis Abu Hurairah dan perbedaan pada Qatadah.
- Gambaran sandal Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam.
- Hiasan pedang.
Dalam sebuah riwayat dikatakan:
أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ دَاوُدَ الْأَوْدِيِّ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحِمْيَرِيِّ قَالَ
لَقِيتُ رَجُلًا صَحِبَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَمَا صَحِبَهُ أَبُو هُرَيْرَةَ أَرْبَعَ سِنِينَ قَالَ نَهَانَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَمْتَشِطَ أَحَدُنَا كُلَّ يَوْمٍ
sebagaimana Abu Hurairah menyertai beliau selama empat tahun, dia berkata; "Rasulullah
melarang kami untuk menyisir rambut setiap hari." (NASAI - 4968)Hadits penguat: ABU DAUD NO - 26. AHMAD NO - 16398, 22051.
Dalam sebuah riwayat dikatakan:
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ الْحَسَنِ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ التَّرَجُّلِ إِلَّا غِبًّا
melarang dari menyisir rambut kecuali berselang hari. (NASAI - 4970)Hadits penguat:
أَخْبَرَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ مَسْعُودٍ قَالَ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ الْحَارِثِ عَنْ كَهْمَسٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَقِيقٍ قَالَ
كَانَ رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامِلًا بِمِصْرَ فَأَتَاهُ رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِهِ فَإِذَا هُوَ شَعِثُ الرَّأْسِ مُشْعَانٌّ قَالَ مَا لِي أَرَاكَ مُشْعَانًّا وَأَنْتَ أَمِيرٌ قَالَ كَانَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْهَانَا عَنْ الْإِرْفَاهِ قُلْنَا وَمَا الْإِرْفَاهُ قَالَ التَّرَجُّلُ كُلَّ يَوْمٍ
yang menjadi gubernur di Mesir, kemudian dia didatangi oleh seseorang dari sahabatnya yang mendapatinya berambut acak-acakan tidak teratur. Orang tersebut berkata; "Kenapa kulihat rambutmu tidak teratur sedangkan engkau adalah seorang pemimpin?" Dia berkata; "Dahulu Nabi
melarang kami dari irfah. Kami bertanya; "Irfah itu apa?" Beliau bersabda; "Menyisir setiap hari." (NASAI - 4972)Hadits penguat: Tidak ditemukan
Dalam sebuah riwayat dikatakan:
خْبَرَنَا حُمَيْدُ بْنُ مَسْعَدَةَ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ قَالَ حَدَّثَنَا الْجُرَيْرِيُّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَحْسَنَ مَا غَيَّرْتُمْ بِهِ الشَّيْبَ الْحِنَّاءُ وَالْكَتَمُ
bersabda: "Sesungguhnya sebaik-baik apa yang kalian gunakan untuk mengubah uban adalah inai dan katam." (NASAI - 4994)Hadits penguat: ABU DAUD NO - 3673. AHMAD NO - 20345, 20374, 20375, 20400, 20422, 20514. IBNU MAJAH NO - 3612, NASA'I NO - 4995. TIRMIDZI NO - 1675.
Dalam sebuah riwayat dikatakan:
أَخْبَرَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ الْعَظِيمِ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَسْمَاءَ قَالَ حَدَّثَنَا جُوَيْرِيَةُ بْنُ أَسْمَاءَ عَنْ الْوَلِيدِ بْنِ أَبِي هِشَامٍ عَنْ نَافِعٍ أَنَّهُ بَلَغَهُ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَعَنَ الْوَاصِلَةَ وَالْمُسْتَوْصِلَةَ وَالْوَاشِمَةَ وَالْمُسْتَوْشِمَةَ
melaknat wanita yang menyambung rambut dan yang minta disambung rambutnya, wanita yang bertato dan wanita yang minta ditato." (NASAI - 5009)Hadits penguat: ABU DAUD NO - 3637, 3639. AHMAD NO - 4494, 8118, 23659, 23660, 23661, 23705, 23721, 25681, 25694, 25740. BUKHARI NO - 5478, 5480, 5481, 5484, 5491. IBNU MAJAH NO - 1977, 1978. MUSLIM NO - 3961, 3963, 3965. NASA'I NO - 5010, 5154, 5155, 5156. TIRMIDZI NO - 1681.
Dalam sebuah riwayat dikatakan:
أَخْبَرَنَا حُمَيْدُ بْنُ مَسْعَدَةَ قَالَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ عَوْنٍ عَنْ الشَّعْبِيِّ عَنْ الْحَارِثِ قَالَ
لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا وَمُوكِلَهُ وَشَاهِدَهُ وَكَاتِبَهُ وَالْوَاشِمَةَ وَالْمُوتَشِمَةَ قَالَ إِلَّا مِنْ دَاءٍ فَقَالَ نَعَمْ وَالْحَالُّ وَالْمُحَلَّلُ لَهُ وَمَانِعُ الصَّدَقَةِ وَكَانَ يَنْهَى عَنْ النَّوْحِ وَلَمْ يَقُلْ لَعَنَ
melaknat para pemakan riba, yang membawakannya, yang menyaksikannya, dan yang menulisnya. Wanita pentato dan wanita yang minta ditato." Al Harits berkata, "Kecuali karena penyakit?" beliau bersabda: "Benar, dan Al hallu, Al Muhalla lahu, dan penolak zakat." Beliau juga melarang dari An nauh (meratapi mayit), namun tidak melaknatnya." (NASAI - 5015)Hadits penguat: ABU DAUD NO - 2895. AHMAD NO - 601, 6024, 803, 933, 1065, 1222, 1294, 3539, 3550, 3618, 3687, 3881, 4099, 4196, 13744. AD DARIMI NO - 2423. IBNU MAJAH NO - 2268. MUSLIM NO - 2994, 2995. NASA'I NO - 5016. TIRMIDZI NO - 1127.
Dalam sebuah riwayat dikatakan:
أَخْبَرَنَا أَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ أَبِي السَّفَرِ عَنْ عَبْدِ الصَّمَدِ بْنِ عَبْدِ الْوَارِثِ قَالَ حَدَّثَنَا بَكْرٌ الْمُزَلِّقُ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَطَاءٍ الْهَاشِمِيُّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ
أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَطَيَّبُ قَالَتْ نَعَمْ بِذِكَارَةِ الطِّيبِ الْمِسْكِ وَالْعَنْبَرِ
memakai parfum, ia menjawab, "Ya, dengan minyak wangi misk dan 'anbar." (NASAI - 5027)Hadits penguat: AHMAD NO - 10885, 11161.
Dalam sebuah riwayat dikatakan:
أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ قَالَ أَخْبَرَنَا حَمَّادٌ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ عَبِيدَةَ قَالَ
نَهَى عَنْ مَيَاثِرِ الْأُرْجُوَانِ وَخَوَاتِيمِ الذَّهَبِ
Hadits penguat: ABU DAUD NO - 3529. AHMAD NO - 934, 9671. IBNU MAJAH NO - 3633. NASA'I NO - 5178, 5179.
Dalam sebuah riwayat dikatakan:
أَخْبَرَنِي أَبُو بَكْرِ بْنُ عَلِيٍّ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ الْعُمَرِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي إِدْرِيسَ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى فِي يَدِ رَجُلٍ خَاتَمَ ذَهَبٍ فَضَرَبَ إِصْبَعَهُ بِقَضِيبٍ كَانَ مَعَهُ حَتَّى رَمَى بِهِ
أَخْبَرَنِي أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ عَلِيٍّ الْمَرْوَزِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا الْوَرْكَانِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُرْسَلٌ قَالَ أَبُو عَبْد الرَّحْمَنِ وَالْمَرَاسِيلُ أَشْبَهُ بِالصَّوَابِ وَاللَّهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى أَعْلَمُ
sebuah cincin melingkar pada jari seorang laki-laki hingga beliau memukul tangannya. Laki-laki itu pun membuang cincinnya." Telah mengabarkan kepadaku Abu Bakr Ahmad bin Ali Al Marwazi ia berkata; telah menceritakan kepada kami Al Warkani ia berkata; telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Sa'd dari Ibnu Syihab, bahwa Rasulullah
…secara mursal." 'Abdurrahman berkata, "Hadits-hadits mursal lebih mendekati kebenaran. Waallahu a'lam." (NASAI - 5099)Hadits penguat: Tidak ditemukan
Dalam sebuah riwayat dikatakan:
أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ قَالَ حَدَّثَنَا صَفْوَانُ بْنُ عِيسَى قَالَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ أَوْسٍ قَالَ
كَانَ لِنَعْلِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قِبَالَانِ
mempunyai dua tali." (NASAI - 5273)Hadits penguat: AHMAD NO - 12629. IBNU MAJAH NO - 3604, 3605. TIRMIDZI NO - 1694.
Dalam sebuah riwayat dikatakan:
أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ قَالَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ وَهُوَ ابْنُ زُرَيْعٍ عَنْ هِشَامٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي الْحَسَنِ قَالَ
كَانَتْ قَبِيعَةُ سَيْفِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ فِضَّةٍ
terbuat dari perak." (NASAI - 5280)Hadits penguat: ABU DAUD NO - 2217, 2218. AD DARIMI NO - 2349. TIRMIDZI NO - 1614.
Musnad Hadits:
(1) Nama Lengkap; Humaid bin 'Abdur Rahman
Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan
Kuniyah : -
Negeri semasa hidup : Bashrah
Wafat : -
Komentar Ulama' Tentangnya:
Al 'Ajli; Tsiqah
Muhammad bin Sa'd; Tsiqah
Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat
(2) Nama Lengkap; Nama tidak diketahui
(3) Nama Lengkap; Al Hasan bin Abi Al Hasan Yasar
Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan
Kuniyah : Abu Sa'id
Negeri semasa hidup : Bashrah
Wafat : 110 H
Komentar Ulama' Tentangnya:
Al 'Ajli; Tsiqah
Muhammad bin Sa'd; tsiqah ma`mun
Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat
Ibnu Hibban; Yudallis
(4) Nama Lengkap; Abdullah bin Syaqiq
Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan
Kuniyah : Abu 'Abdur Rahman
Negeri semasa hidup : Bashrah
Wafat : 108 H
Komentar Ulama' Tentangnya:
Ibnu Sa'd; Tsiqah
Ahmad bin Hambal; Tsiqah
Yahya bin Ma'in; Tsiqah
Ibnu Kharasy; Tsiqah
Abu Hatim; Tsiqah
Al 'Ajli; Tsiqah
Abu Zur'ah; Tsiqah
Ibnu Hajar Al Atsqalani; "tsiqah, loyal yang berlebihan kepada ustman
(5) Nama Lengkap; Abdullah bin Al Buraidah bin Al Hushaib
Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan
Kuniyah : Abu Sahal
Negeri semasa hidup : Himsh
Wafat : 115 H
Komentar Ulama' Tentangnya:
Yahya bin Ma'in; Tsiqah
Abu Hatim; Tsiqah
Al 'Ajli; Tsiqah
Ibnu Hajar Al Atsqalani; Tsiqah
Adz Dzahabi; Tsiqah
(6) Nama Lengkap; "Nafi', maula Ibnu 'Umar"
Kalangan : Tabi'in kalangan biasa
Kuniyah : Abu 'Abdullah
Negeri semasa hidup : Madinah
Wafat : 117 H
Komentar Ulama' Tentangnya:
Yahya bin Ma'in; Tsiqah
Al 'Ajli; Tsiqah
An Nasa'i; Tsiqah
Ibnu Kharasy; Tsiqah
(7) Nama Lengkap; Al Harits bin 'Abdullah
Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan
Kuniyah : Abu Zuhair
Negeri semasa hidup : Kufah
Wafat : -
Komentar Ulama' Tentangnya:
Abu Hatim; laisa bi qowi
An Nasa'i; laisa bi qowi
Ad Daruquthni; dla'if
Ibnu Hajar al 'Asqalani; Didalam haditsnya ada dha'if
Adz Dzahabi; layyin Syii'i
(8) Nama Lengkap; Rawi terputus
(9) Nama Lengkap; Abidah bin 'Amru
Kalangan : Tabi'in kalangan tua
Kuniyah : Abu 'Amru
Negeri semasa hidup : Kufah
Wafat : 74 H
Komentar Ulama' Tentangnya:
Adz Dzahabi; salah seorang imam
Ibnu Hajar; tsabat
Al 'Ajli; Tsiqah
(10) Nama Lengkap; A'idzulloh bin 'Abdullah
Kalangan : Tabi'in kalangan tua
Kuniyah : Abu Idris
Negeri semasa hidup : Syam
Wafat : 80 H
Komentar Ulama' Tentangnya:
Abu Hatim; Tsiqah
Ibnu Sa'd; Tsiqah
An Nasa'i; Tsiqah
Al 'Ajli; Tsiqah
Ibnu Hibban; Tsiqah
Adz Dzahabi; seorang tokoh
(11) Nama Lengkap; Amru bin Aus bin Abi Aus Hudzaifah
Kalangan : Tabi'in kalangan tua
Kuniyah : -
Negeri semasa hidup : Tha'if
Wafat : 90 H
Komentar Ulama' Tentangnya:
Ibnu Hibban; disebutkan dalam 'ats tsiqaat
Ibnu Hajar al 'Asqalani; Tabi'i Kabir
(12) Nama Lengkap; Sa'id bin Abi Al Hasan
Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan
Kuniyah : -
Negeri semasa hidup : Bashrah
Wafat : 108 H
Komentar Ulama' Tentangnya:
Abu Zur'ah; Tsiqah
An Nasa'i; Tsiqah
Al 'Ajli; Tsiqah
Adz Dzahabi; Tsiqah
Ibnu Hajar al 'Asqalani; Tsiqah
. . . . . . . . .
Back to The Title




Tidak ada komentar:
Posting Komentar